Jumat, 02 Maret 2018

Restore Contact di Apple iCloud

iCloud, teknologi penyimpanan data di awan dari Apple, berfungsi menyimpan semua data yang ada di iDevice dan menyamakan (sync) ke semua perangkat iDevice baik iPhone, iPod, iPad, dan Mac. 
Salah satu fitur penyimpanan yang ada di iCloud adalah meyimpan daftar telepon atau Contact. Dengan Apple ID, data Contact dari iDevice akan masuk ke dalam Cloud dan di samakan ke semua perangkat yang terhubung dengan Apple ID yang sama. Banyak keuntungan dari fasilitas ini. Yang paling saya rasakan adalah ketika memasukkan data kontak di iPhone 5s saya, secara otomatis semua iDevice dan Cloud terdapat kontak baru itu. Namun, kemudahan ini juga memberikan sedikit masalah terutama jika kita tidak sengaja menghapus kontak dari salah satu iDevice, maka data kontak tersebut akan terhapus juga dari semua perangkat iDevice dan iCloud. 
Namun sepertinya kesalahan manusia ini sudah diantisipasi oleh Apple dengan disediakannya fitur Restore Contact. Apple secara otimatis melakukan Cadangan (BackUp) data kontak secara berkala. Jika secara tidak sengaja Anda menghapus data kontak, dengan cukup mudah Anda bisa mengembalikan data tersebut. Hanya saja ini bisa dilakukan melalui website iCloud. Berikut langkahnya:
  1.  masuk ke www.icloud.com melalui browser di PC/Mac
  2. Pastikan perangkat iPhone anda dapat menerima Two Factor Authentification. 
  3. Masuk ke bagian Setting. 
  4. Pada bagian bawah terdapat pilihan restore Contact. 
  5. Pilih kapan Cadangan yang akan di kembalikan (Restore)
  6. Klik Restore. Pastikan koneksi internet Anda baik dan cukup cepat.
  7. Jika tidak ada kenadala, pengembalian data kontak hanya membutuhkan waktu 30 menit paling lama. Jika lebih dari 6 jam data tidak masuk, silahkan hubungi Customer Service Apple. 


Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar