Rabu, 31 Maret 2010

AU vs VST

Hello guys... hehehe...
beberapa waktu yang lalu sempet berdikusi dengan seorang teman..dia recording juga sih.. still under miekocok (microsoft)..:p
Beberapa software andalan disana antara lain Cakewalk Sonar, Adobe Audition (d/h Cool Edit), dan Steinberg Nuendo maupun Cubase. Ada sebuah standard untuk effect plug ins yang cukup populer. Steinberg mengembangkan VST (virtual studio technology) dan Apple mengembangkan AU (Audio Units). pertanyannya, mana yang lebih bagus?? AU ato VST kah?
IMHO, dua dua nya sama bagus sih.. technology yang dikembangkan hampir sama. manfaat yang dihasilkan hampir sama. hampir setiap pabrikan plug ins effect menyediakan versi VST maupun AU nya. hanya saja, VST ini berjalan di lebih banyak platform. karena ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bergerak di bidang software recording dan perusahaan ini membuat di dua platform (mac dan pc) maka sepintas vst lebih umum dipakai. sedangkan tidak demikian dengan AU yang dikembangkan oleh Apple dan hanya untuk software recording buatan Apple. seperti halnya Pro Toolos dengan RTAS nya. masing masing pabrikan software mempunyai standardnya sendiri dan perusahaan effect third party mau ga mau harus mengikuti kalau mau produknya dipakai orang banyak. Misalnya IK Multimedia dengan produk antara lain Amplitube yang mendukung VST, AU dan RTAS. Bagaimana nasib DXi? Sampai Sonar 7 pabrikanCakewalk ini masih mempertahankannya. walaupun sejak Sonar 4 sudah disediakan VST adapter. Sehingga effect VST bisa juga berjalan di Sonar walaupun saat itu belum sempurna. :)

0 komentar:

Posting Komentar